Noh siapa tau butuh: 08787-999-10-87
  • CAPERING

    (Catatan perjalanan hidup Aing)

    Adalah sebuah catatan yang gak penting penting amat yang terjadi dalam kehidupan aing
    Kadang manis, kadang asem, kadang garing, kadang kuya jeung sakadang monyet
    kepingin liat?
  • SOSOSOUL

    (Something Somewhere Someplace Wonderful)

    Adalah kumpulan catatan yang lumayan penting
    catatan tentang tempat, mahluk hidup, makanan atau apapun yang menurut saya wonderful
    Mau Liat?
  • BOTAK

    (Boys Talk)

    Adalah sebuah catatan yang sedikit gak penting penting amat
    buah pemikiran, hasil karya atau caprukan ana yang super
    kepingin liat?

SOLVE - SOCIAL ADVENTURE



Waah.. dah lama banget kaga nulis blog.. ini blog sampe jamuran..panu..kadas..kurap..kutu air..kehilangan jatidiri dan Jomblo menahun hihi..

Yasudah hari ini saya mau nyoba buat ngeblog lagi dah.. oke buat yang belum tau siapa saya.. nama saya anto pekerjaan saya adalah social worker..dan hobi saya adalah desainer grafis hehe..dan tahun ini akhirnya kita berhasil menelurkan sebuah program baru..yang merupakan program dari gerakan ASIK (Ayo Selamatkan Indonesia Kita) nama programnya adalah SOLVE alias Social Adventure.

Apa itu SOLVE? SOLVE yang seperti sudah saya sebutkan sebelumnya merupakan kepanjangan eh kependekan dari SOCIAL ADVENTURE adalah sebuah program sosial yang keren banget. konsep dasarnya adalah.. kita jalan-jalan..bertualang tapi bukan ke tempat wisata, melainkan bertualang ke pelosok desa yang banyak ditinggali oleh kaum dhuafa yang keberadaannya jarang tersentuh media.



disana kita nyobain pengalaman baru, nginep di rumah warga, ngobrol sama warga disana, nyari tau lebih banyak tentang desa nya, kesulitan warga nya, potensi daerahnya, semuanya kita cari tau dan kita pikirin gimana caranya biar bisa bikin desa ini mandiri, berdaya dan bikin perekonomian warganya membaik. mungkin dibutuhkan waktu yang panjang buat ngewujudin semua itu.. makanya sampai goals kita kewujud, ya kita bantu aja warga desa nya dengan kegiatan charity seperti berbagi sembako, alat-alat sekolah, berbagi inspirasi dll.

gimana keren kan? keren banget lah, lewat program ini saya sendiri jadi bisa menyalurkan hobi buat jalan jalan sekaligus berbagi dengan saudara-saudara kita di desa. banyak banget pengalaman baru yang bisa saya ambil. saya jadi banyak tau tentang kearifan lokal, bisa bikin hati saya melek lagi pas liat kondisi warga yang saya pikir sangat mengenaskan..dan tentunya saya juga bisa liat tempat-tempat yang oke banget di desa yang kita tuju.

Wah keren banget lah.. pokoknya recomended banget kalo kamu pengen ikutan, buat kalian yang pingin nyoba ikutan juga.. buka aja fanpage nya SOLVE - Social Adventure atau Instagramnya @solve.id

INDONESIA 70 tahoen MRDKA!!! ..Ceunahmah kitu..


MERDEKA!!! adalah sebuah kata yang akan sering sekali terlontar hari ini oleh mereka..orang-orang yang mengaku orang Indonesia atau setidaknya tinggal dan menetap di sana.. kata MERDEKA akan sangat sering kita dengar..ataupun kita lihat terselip di antara postingan dan status orang-orang Indonesia di sosial media.. MERDEKA adalah sesuatu yang diyakini tengah dirasakan oleh mereka yang tinggal atau berkebangsaan negara yang konon telah mengecap kemerdekaan selama 70 tahun ini katanya..

Tapi benarkah kita telah benar-benar merdeka? apakah benar tirani penjajahan yang membelenggu bangsa ini telah sirna? ataukah tirani penjajahan itu sebenarnya tetap ada namun hanya berubah saja bentuk dan rasanya? Seberapa merdeka kah bangsa kita sebenarnya? Apakah merdeka berarti kebebasan berpendapat atas nama fanatisme buta? hingga kita bebas saling menghina..menghujat dan menjatuhkan sesama saudara sebangsa yang kita nilai salah prilakunya? apakah merdeka berarti motivasi "AYO KERJA" saat sebagian kaum  mati-matian bekerja demi menyambung nyawa dan berjuang memerangi dan menanggung dampak dari apa yang dilakukan sebagian kaum lainnya yang sama-sama "bekerja" memporak-porandakan situasi negara..menggerogoti harta bangsa demi melanjutkan kebahagiaan dirinya semata..? Apakah merdeka artinya bangga pada dirinya yang telah tercemar budaya buruk dunia namun membuang jauh-jauh jati diri bangsanya? apakah merdeka berarti bebas melakukan perusakan moral bangsa oleh media yang sejatinya milik mereka yang hanya menginginkan bangsa kita porak poranda demi keuntungan dirinya..? Apakah merdeka berarti kebebasan mengadu domba anak bangsa yang sejatinya ber bhineka tunggal ika? ..Apakah MERDEKA adalah jalan dimana Bandung Indah Plaza berada?

Jadi Apa benar kita telah MERDEKA? atau mungkinkah merdeka yang kita rasa sebenarnya masih ABU-ABU warnanya? atau mungkin MRDKA!!! yang kita rasakan belum sempurna? atau yang lebih parah..apakah mungkin sebenarnya bangsa kita hanya KATANYA sih merdeka? padahal mah...???

yah.. apapun yang terjadi..Kemerdekaan Indonesia adalah tanggung jawab kita sebagai "para pemiliknya" .. Bila merdeka kita masih abu-abu warna nya..maka tugas kitalah untuk mempertegasnya menjadikan Indonesia negara Yang MERDEKA seutuhnya..bila kemerdekaan kita masih kurang sempurna.. maka tugas kita lah untuk menyempurnakannya dengan karya dan kerja nyata..bila negara kita itu MERDEKA hanya katanya? maka tugas kita lah untuk membuatnya menjadi MERDEKA yang sebenar-benarnya.. membangunnya.. mensejahtrakannya.. dan membesarkannya di mata dunia.. 

Jika Katanya..Indonesia merupakan RAKSASA yang ditidurkan.. maka SEKARANGLAH saatnya bagi kita untuk terBANGUN.. dan BANGKIT.. bersatu memerangi musuh-musuh bangsa yang sejatinya ingin memecah belah bangsa demi keuntungan dirinya.. karena sejatinya..kita adalah bangsa yang KAYA.. sejatinya..Manusia Indonesia adalah Sumber daya yang luar biasa.. kita adalah para insan luar biasa yang dengan sengaja dibuat percaya bahwa dirinya adalah mahluk tanpa daya..

Kini Saatnya kita ciptakan INDONESIA YANG MERDEKA dan menjadi RAKSASA di mata DUNIA.. saat nya bagi kita untuk berbuat hal terbaik untuk INDONESIA.. dengan memulai nya dari diri kita..melakukan hal-hal yang sesuai dengan norma.. yang saya yakin setiap manusia akan mengetahui bagaimana caranya? apa yang baik dan apa yang tidak? memulai sebuah perubahan postif yang membuat sesuatu menjadi lebih baik..memulainya dari diri sendiri..memulainya dari hal yang terkecil.. lalu kemudian mekakukan perubahan positif yang lebih besar..lebih besar dan jauh lebih besar lagi bersama-sama dengan manusia Indonesia lainnya..karena Indonesia yang Merdeka seutuhnya takkan pernah tercipta sebelum kita menurunkan egoisme dan rasa keAKUan kita.. Indonesia yang Merdeka seutuhnya  takkan pernah berhasil bila kita rakyat Indonesia tidak saling peduli pada saudara sebangsanya..karena Indonesia yang Merdeka dengan sempurna takkan terwujud bila para insan luar biasa nya tidak bangkit dan saling bahu membahu membangun bangsanya..mendahulukan kepentingan bersama diatas kepentingan dirinya..

Jadi? MERDEKA dan hidup sejahtera serta diakui sebagai bangsa yang raksasa oleh dunia!!! ATAU MATI sebagai bangsa yang semakin susah dan terbelakang adalah pilihan yang harus kita pilih dan rubah sendiri..  

#Opini semata dari seorang manusia Indonesia yang bukan siapa siapa dan belum bisa melakukan apa-apa namun ingin membuat sesuatu yang baik untuk bangsanya.. 

CIVIL WARS.. peperangan dalam sebuah jalinan persahabatan


konon kalo orang dah sahabatan lebih dari 10 taun..maka mpe tua bakalan terus begitu..

yah musti siap2 aja mpe tua bakalan ngumpul2 begini..saingan rebutan daging..panas2an di depan kompor..kaga pake jaim..HAJARR!!!

Kali ini terjadi lagi..untuk kesekian kalinya..kita ngumpul bareng lagi di mabes alias markas besar kita di sebuah rumah yang sering saya satronin kurang lebih 15 tahun terakhir ini..yang terletak di jalan cileutik no 13 bandung.. rumah jadul milik salah satu sahabat yang mungkin sudah ditakdirkan bakal temenan terus ama dia ampe tua..seorang pria yang tak segagah namanya ..wkwkwk..kenapa begitu? gabakalan saya bahas..karna itu adalah sebuah aib yang cukup kami teman2nya saja yang tau x.Da

hari itu seperti hari2 tertentu di kesempatan lain yang belakangan sering terjadi sebelumnya..kami berjuang saling berebut sepotong daging.. saling bersaing sebagai para manusia yang merdeka seutuhnya.. diantara individu yang saling berkompetisi dalam sebuah arena kecil yang kami 
berinama "civil war"..arena yang beberapa bulan ini berhasil kembali mengikat kehangatan dan rantai baja yang erat diantara kami..

Bersaing demi menjujung sebuah falsafah yang kami usung dalam civil war ini..falsafah "antara aku-sumpit- dan perutku" dimana kami berjuang saling jarah saling rampok menghabiskan potongan demi potongan daging diatas wajan datar panas yang menyatukan hati kami..

saling bersaing saling usil dan saling mendzolimi satu sama lain..walau pada akhirnya akan tetap tercipta senyum dan tawa yang hangat dalam kebersamaan..

senyum dan tawa..juga celotehan serta celetukan riang gembira sebagai para insan yang merdeka seutuhnya.. mungkin disaat itulah kami merasakan makna dari kemerdekaan yang seutuhnya.. melupakan sementara segala hiruk pikuk dan segala rantai yang menjerat di negara yang konon sudah 70 tahun mengecap kata merdeka.. berkumpul sejenak menciptakan kemerdekaan kecil sebelum kembali mengisi waktu hidupnya untuk berkarya dan berjuang demi menciptakan indonesia yang merdeka seutuhnya..

dirgahayu bangsaku..

#celotehan teu puguh manusia indonesia yg terserang imsomia dan sedikit terganggu pikirannya gegara kebanyakan makan daging pasca civil war tadi..

dini hari menjelang matahari terbit di ulang tahun ke70 Indonesiaku

RAHASIA TERBESAR HIDUP GUEHHHH

#TIPS PENTING BANGET

BANYAK ORANG YANG NANYA KE SAYA  TENTANG
RAHASIA GIMANA CARA SAYA
BUAT MENJAGA
KELANGSINGAN WALAUPUN
SEJATINYA SAYA RELATIF REWOG DAN JARANG OLAH RAGA..

banyak orang yang sangat mendambakan memiliki tubuh langsing sampe diet dan olah raga edan2an.. tapi tetep aja mereka susah buat lepas dari bahtera obesitasme dan bureuteuisme yang kian menghantui..

namun sebenernyaa..jawaban dari pertanyaan tersebut sebenarnya gampang gampang susah..kenapa gampang? karna yang harus kamu lakukan hanyalah berharap dan berdoa agar bisa jadi gendut sambil makan kalo udah laper..jangan di tahan2..apalagi berdiet atau yang paling parah adalah berpuasa senin-kamis (hari senin sahur dan baru berbula di hari kamis)..

kenapa susah? karna sejatinya pertanyaan itu sama susahnya dengan jawaban dari pertanyaan..ketika kta bertanya sama orang gendut..yang rajin diet dan olah raga..apa rahasia kamu biar bisa tetep gendut biarpun rajin diet dan olah raga?

percaya apa ngga..itulah rahasia mempertahankan tubuh langsing yang everlasting seperti punya saya..trust me it works.. – View on Path.

#TIPS PENTING BANGET
BANYAK ORANG YANG NANYA KE SAYA TENTANG
RAHASIA GIMANA CARA SAYA
BUAT MENJAGA
KELANGSINGAN WALAUPUN
SEJATINYA SAYA RELATIF REWOG DAN JARANG OLAH RAGA..
banyak orang yang sangat mendambakan memiliki tubuh langsing sampe diet dan olah raga edan2an.. tapi tetep aja mereka susah buat lepas dari bahtera obesitasme dan bureuteuisme yang kian menghantui..
namun sebenernyaa..jawaban dari pertanyaan tersebut sebenarnya gampang gampang susah..kenapa gampang? karna yang harus kamu lakukan hanyalah berharap dan berdoa agar bisa jadi gendut sambil makan kalo udah laper..jangan di tahan2..apalagi berdiet atau yang paling parah adalah berpuasa senin-kamis (hari senin sahur dan baru berbula di hari kamis)..
kenapa susah? karna sejatinya pertanyaan itu sama susahnya dengan jawaban dari pertanyaan..ketika kta bertanya sama orang gendut..yang rajin diet dan olah raga..apa rahasia kamu biar bisa tetep gendut biarpun rajin diet dan olah raga?
percaya apa ngga..itulah rahasia mempertahankan tubuh langsing yang everlasting seperti punya saya..trust me it works.. 

emak2 the KING OF ROADS

bila kamu bertemu dengan emak2 naek motor di jalan ..itu tandanya kamu musti waspada..kenapa? karna sejatinya mereka adalah king of road padahal mereka emak2..jadi kalo mereka lagi jalan..maka jalanan adalah milik pribadi..yang lain cuma numpang lewat..

emak2 yg naik motor gak pernah tau fungsi dari lampu sen..mereka lebih suka sesuatu yg mendebarkan.. berbelok dengan sedikit kejutan menjadi pilihannya..hal ini akan menimbulkan surprise yang tak terbendung buat pengedara lain..

selain gak ngerti dengan teknologi paling muktahir bernama lampu sen.. emak2 juga kadang ga gak ngerti kegunaan lain dari lampu spion selain buat benerin bedak kalo abis parkir

selain itu kalo disalahin..emak2 biasanya pinter ngeles menggunakan dasar pemikiranya..seperti “saya pikir situ gakan belok..” “saya pikir di depan kosong” “saya pikir kamu ga bakalan sakit saya tabrak” “saya pikir tadi ada saiful jamil lagi goyang drible sama trio kucing garong”..

layaknya sopir angkot..Emak-emak bermotor adalah misteri terbesar abad ini..kapan mereka mau belok..kapan mereka mau ngerem..kapan mereka mau nabrak..hanya tuhan dan mereka yang tau..

so beware of emak2 rider guys.. – View on Path.

Kalo kamu ketemu sama emak-emak naek motor di jalan ..itu tandanya kamu musti hati-hati dan ekstra waspada..kenapa? karna sejatinya mereka adalah king of road padahal mereka emak2..jadi kalo mereka lagi jalan..maka jalanan adalah milik pribadi..yang lain cuma numpang lewat..
emak-emak yg naik motor gak pernah tau fungsi dari lampu sen..mereka lebih suka sesuatu yg mendebarkan.. berbelok dengan sedikit kejutan menjadi pilihannya..hal ini akan menimbulkan surprise yang tak terbendung buat pengedara lain..adapun sebagian emak-emak yang ngerti cara pake lampu sen..eh tapi mereka ngalamin disorientasi arah..nge sen ke kiri belok ke kanan.. alhasil pengmudi lain di belakangnya yang pada stress..
selain gak ngerti dengan teknologi paling muktahir bernama lampu sen.. emak2 juga kadang ga gak ngerti kegunaan lain dari kaca spion selain buat benerin bedak kalo abis parkir
selain itu kalo disalahin..emak-emak biasanya pinter banget ngeles menggunakan dasar pemikiranya ..seperti “saya pikir situ gakan belok..” “saya pikir di depan kosong” “saya pikir kamu ga bakalan sakit saya tabrak” “saya pikir tadi ada saiful jamil lagi goyang drible sama trio kucing garong”..
layaknya sopir angkot..Emak-emak bermotor adalah misteri terbesar abad ini..kapan mereka mau belok..kapan mereka mau ngerem..kapan mereka mau nabrak..hanya tuhan dan mereka yang tau..
so beware of emak2 rider guys..